Cerita KKN (7); Guru-guru SD Berharap Ada Pelatihan Lanjutan

Ode Memberikan Pelatihan Komputer Dasar Untuk Guru-guru SD
Ode Memberikan Pelatihan Komputer Dasar Untuk Guru-guru SD

Salah satu program kerja yang kami rencanakan selama KKN adalah pelatihan IT untuk guru-guru sekolah dasar se desa Mangilu.

Ode, ITholic yang menggawangi program ini berhasil membuat beberapa ibu-ibu guru SD ketagihan belajar komputer.

Berikut catatannya yang saya tulis sehari setelah pelaksanaan program.

***

Guru-guru sekolah Dasar (SD) se-desa Mangilu masih membutuhkan pelatihan komputer lanjutan. Kemampuan yang mereka miliki saat ini dalam hal mengoperasikan dan menggunakan software komputer (laptop) masih terbilang rendah.  Demikian kesimpulan mahasiswa KKN UNHAS Gel 81 Desa Mangilu setelah berapa hari memberikan pelatihan penggunaan komputer dasar kepada guru-guru SD se-Mangilu. Dari empat SD yang didatangi, rata-rata guru-gurunya masih blank dalam menggunakan dan mengoperasikan menu dan software dasar komputer. Seperti menu-menu dalam program Microsoft Word dan Power Point. Selama ini yang mereka ketahui hanyalah menghidupkan dan mematikan komputer saja. Sedangkan terkait penggunaan dan fungsi menu dalam tiap software dasar yang ada mereka tidak terlalu serius mempelajarinya.

Hal ini terjadi karena beberapa hal. Pertama, pelajaran untuk anak-anak SD tidaklah membutuhkan skill presentasi yang rumit. Kedua, komputer, menurut mereka

fungsinya hanya sebatas terkait administrasi sekolah. Sehingga yang wajib tahu segala hal tentang pengetikan dan urusan adminsitasri sekolah hanyalah administrator atau staf administrasi sekolah saja. Sedang untuk guru-guru pengajar, kemampuan mengetik dan menggunakan komputer secara serious tidaklah terlalu penting. Karena jarang diaplikasikan secara praktis dalam kelas atau dalam meningkatkan kecerdasan mengajar dan pengajaran dalam kelas.

Sebenarnya, tiap sekali seminggu, para guru SD ini memiliki peluang belajar komputer gratis. Menurut salah seorang guru yang sempat kami wawancarai, bahwa tiap hari Kamis tiap minggu ada Kelompok Kerja Guru (KKG) yang kegiatannya dipusatkan di Gedung Pelatihan dan Pendidikan PT. Semen Tonasa. Di KKG itu mereka diajarkan penggunaan dan pengoperasian komputer. Namun menurut meraka, kegiatan itu tidak terlalu menunjang peningkatan mereka dalam menggunakan komputer. “Pelatihan hanya

seminggu sekali dan hanya satu setengah jam saja. Bagaimana kami bisa komputer?”, sungut seorang guru di salahsatu SD yang kami datangi.

Tentu mereka menyambut baik kesediaan mahasiswa KKN Unhas memberikan pelatihan follow-up untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengoperasikan komputer. Namun mereka juga berharap, akan ada pelatihan lanjutan dari apa yang sudah diberikan sebelumnya.

Semoga ada waktu. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s